Jenis-jenis Surat Niaga

Surat komersial adalah surat yang isinya merujuk pada kegiatan komersial atau penjualan dan pembelian barang / jasa antara pengirim dan alamat tujuan (komunikator dan komunikator)

Jenis surat bisnis tergantung pada isi surat itu, termasuk:

a. Surat Perkenalan

Surat yang dikirim oleh penjual kepada calon pembeli untuk memperkenalkan diri atau produk (barang / jasa) yang mereka jual. Selain itu, surat ini juga berisi promosi.

b. Permintaan Penawaran

Surat dari calon pembeli ke penjual yang isinya meminta penjual untuk mengirim surat penawaran untuk suatu produk. Surat ini dapat dibuat karena calon pembeli tertarik dengan presentasi / iklan / surat promosi, atau dapat juga dibuat atas inisiatif sendiri. Pada dasarnya isi surat ini membutuhkan penjelasan rinci tentang berbagai masalah yang berkaitan dengan produk yang akan dibeli. Yang paling penting dalam surat ini berisi nama produk, harga, metode pembayaran dan metode pengiriman barang dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

c. Surat Penawaran

Surat dari penjual kepada calon pembeli yang bertujuan menawarkan produk. Isi utama surat ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang produk yang dijual, dalam bentuk harga, kualifikasi, metode pembayaran dan banyak lagi. Surat ini dapat dibuat karena tanggapan terhadap permintaan penawaran atau kebutuhan Anda. Jika sebagai tanggapan, konten harus merujuk pada informasi yang diminta oleh pengirim permintaan untuk penawaran.

Untuk meyakinkan pembeli potensial, surat ini sering disertai dengan brosur, daftar harga.

d.  Surat Pesanan

Surat pesanan adalah surat yang dibuat oleh pembeli kepada penjual yang isinya meminta / memesan produk yang akan dibeli. Surat ini dapat dibuat karena ada pengumuman / penawaran yang masuk atau keluar dari kebutuhan. Konten yang paling penting adalah menyebutkan nama dan jenis barang yang dipesan bersama dengan harganya. Juga disertai dengan metode pembayaran yang diinginkan. Jika pembayaran Anda menggunakan uang muka yang dikirim melalui bank, Anda harus melampirkan salinan bukti pengiriman / transfer.

e.  Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Surat ini dikirim oleh penjual sebagai tanggapan atas pesanan / permintaan pembeli, berisi pemberitahuan bahwa pesanan telah disetujui dan siap untuk dikirim. Selain berguna agar pembeli mengetahuinya, juga karena pembeli bisa bersiap menerima barang. Surat-surat seperti ini umumnya diproduksi hanya dalam pengiriman bagian besar dan jauh.

Surat ini menjelaskan jenis barang dan jumlahnya. Juga dengan alat transportasi yang digunakan dan barang diperkirakan akan tiba di tempat pembeli. Jika perlu, agar lebih jelas disertai dengan dokumen pengiriman, asuransi dan daftar kemasan.

f.  Surat Pengaduan

Surat ini dikirim oleh pembeli karena masalah yang terjadi dengan produk yang diterima. Masalah muncul karena ada perbedaan antara pesanan dan barang yang diterima, misalnya barang rusak, jumlah atau kualitas yang tidak sesuai dan sebagainya.

Isi surat pengaduan berisi beberapa hal, yaitu:

  • Pernyataan tentang barang yang dipesan.
  • Kami mohon maaf atas ketidaksesuaian.
  • Sarankan solusi untuk mengatasi masalah ini
  • Jika dianggap perlu, nyatakan bahwa ia tidak dapat memenuhi kewajiban berdasarkan pesanan, sebelum masalahnya diselesaikan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>